Home Tips dan Triks Tips Mempertahankan Karyawan Terbaik

Tips Mempertahankan Karyawan Terbaik

0
0
286
karyawan terbaik
karyawan terbaik

Menemukan karyawan terbaik dalam era persaingan bisnis yang kian ketat ini bukanlah hal yang mudah. Selain proses rekrutmen yang panjang, memilih pekerja potensial juga dibarengi dengan berbagai pertimbangan baik dari sisi hardskill maupun softskill. Kendati demikian, sesungguhnya, tantangan yang lebih besar dalam urusan human management bukanlah merekrut, melainkan mempertahankan karwayan terbaik.

Employee retention memberikan pengaruh yang cukup besar dalam operasional perusahaan. Selain itu, kepergian karyawan terbaik juga menjadi salah satu kerugian tersendiri bila ditinjau dari sisi investasi yang telah dikeluarkan seperti diklat dan berbagai pelatihan lainnya.

Lantas, apa saja usaha yang dapat dilakukan untuk mempertahankan karyawan terbaik di kantor?

1. Menciptakan Suasana Kerja yang Nyaman

Kenyamanan adalah faktor utama yang membuat seseorang betah dalam melakukan pekerjaan atau tidak. Faktor ini pun sangat berpengaruh terhadap produktivitas setiap pekerja. Anda pun tentu tidak akan betah untuk mengerjakan tugas bila berada dalam suasana yang tidak nyaman, bukan?

Banyak hal yang perlu dilakukan untuk mendukung terciptanya suasana kerja yang nyaman. Salah satunya adalah kenyamanan lingkungan secara fisik, alias kondisi dari gedung kantor atau ruangan. Tempat kerja yang rapi, bersih, lega, dan terang tentu akan memberikan semangat tersendiri.

2. Menjalin Komunikasi yang Baik

Kenyataannya, tidak sedikit karyawan terbaik yang pada akhirnya memutuskan untuk resign karena dipicu oleh komunikasi yang tidak baik, entah dengan sesama rekan kerja atau dengan atasan. Ketidaksesuaian ini memang hal yang sangat wajar terjadi, tetapi juga merupakan hal yang sangat mungkin untuk diantisipasi sejak awal sehingga tidak menimbulkan efek besar di kemudian hari.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalin komunikasi yang baik, seperti mengadakan pertemuan reguler. Beri kesempatan bagi karyawan untuk menyampaikan gagasan atau pertanyaan. Jangan mendirikan dinding pembatas tinggi yang justru akan membuat mereka enggan atau takut untuk berbicara. Tak lupa, berikan respon yang baik dan membuat karyawan merasa dihargai.

3. Mengapresiasi Kinerja dengan Penghargaan

Gaji adalah hal yang mutlak didapatkan oleh setiap karyawan. Namun selain itu, mereka juga berhak untuk mendapatkan penghargaan lain sesuai kinerja yang telah dilakukan. Selain bonus, berikan pula penghargaan berupa promosi atau bentuk apresiasi lainnya.

Hal ini tidak hanya akan mempertahankan karyawan terbaik, tetapi juga menjadi motivasi bagi karyawan lainnya agar tetap memberikan kontribusi maksimal mereka. Melihat penghargaan yang lebih menggiurkan, karyawan pun akan berlomba-lomba agar layak mendapatkan hal tersebut.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kinerja Tim Karyawan

4. Memberi Kesempatan untuk Berkembang

Di samping finansial, karyawan terbaik biasanya juga menginginkan kesempatan untuk mengembangkan diri dengan lebih luas dan baik.  Mereka juga membutuhkan hal-hal yang dapat mendukung karir dan kinerja di kemudian hari.

Berilah kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti seminar, workshop, training, dan sebagainya. Sesuaikan jenis pelatihan yang sesuai dengan pengembangan diri dan karir di masa mendatang, baik harskill maupun softskill.

5. Membangun Solidaritas dan Empati

Selain komunikasi yang baik melalui forum, adakan pula kegiatan relaksasi bersama seperti wisata ke destinasi yang menarik. Kegiatan ini bisa dilakukan pada akhir tahun atau setiap beberapa periode tertentu.

Agar lebih maksimal, gunakan jasa event organizer. Mereka dapat membantu untuk menyusun acara seru seperti permainan outbond yang dapat meningkatkan solidaritas dan empati tim.

Baca juga : Langkah Sukses Membangun Kepribadian Positif pada Karyawan

Karyawan berprestasi merupakan aset yang penting bagi perusahaan. Maka dari itu, mempertahankan karyawan terbaik adalah hal yang perlu dilakukan demi menjaga kestabilan operasional dan tidak menjadikan mereka sebagai aset berharga bagi perusahaan kompetitor.

Jobs Indonesia merupakan portal pencarian kerja terbesar di Indonesia. Kini dengan aplikasi Jobs Indonesia untuk Android dan iOS, Anda bisa mendapatkan berita dan informasi seputar dunia kerja dengan lebih cepat dan mudah.

Lihat Artikel Terkait
Load More By JobsIndonesia
Load More In Tips dan Triks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lihat Juga

5 Hal Tentang Perusahaan Kerap Kali Menjadi Pertanyaan Saat Interview

Sebelum diterima menjadi karyawan di sebuah perusahaan, seorang pelamar kerja biasanya mel…