Home Tips dan Triks Strategi Rekrutmen untuk Mendapatkan SDM Terbaik

Strategi Rekrutmen untuk Mendapatkan SDM Terbaik

0
0
675
sdm terbaik
sdm terbaik

Bagi perusahaan, menggelar proses rekrutmen bukanlah perkara yang mudah. Untuk menemukan kandidat karyawan yang potensial sesuai yang dibutuhkan perusahaan, dibutuhkan banyak aspek penilaian. Apalagi dengan jumlah pelamar yang berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan kuota yang tersedia, dibutuhkan strategi rekrutmen karyawan yang efektif untuk mendapatkan calon terbaik.

Untuk menyeleksi calon, proses rekrutmen dibagi menjadi beberapa tahap. Masing-masing tahap pun memiliki target keluaran masing-masing. Namun selain itu, ada pula beberapa strategi lain yang perlu dilakukan agar mendapat SDM terbaik seperti berikut ini.

1. Menetapkan Syarat Sesuai Standar dan Budaya Perusahaan

Secara umum, jumlah pelamar lebih tinggi dibandingkan jumlah yang dibutuhkan. Latar belakangnya pun berbeda-beda. Padahal, tidak semua kandidat memenuhi persyaratan yang Anda butuhkan.

Untuk itu, penting bagi Anda dalam menetapkan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh pelamar. Tidak ada salahnya Anda membuat dengan detail. Hal ini akan lebih mudah dalam proses seleksinya bila Anda menggunakan layanan rekrutmen online. Dengan demikian, kandidat yang tidak sesuai secara otomatis akan langsung tertolak tanpa membuang banyak waktu Anda seperti saat membaca CV konvensional.

2. Menyebar Lowongan di Tempat yang Tepat

Rencanakan dengan baik di mana Anda akan menyebar lowongan. Bila Anda membutuhkan seorang chef, maka sangat kecil kemungkinannya Anda akan mendapatkan chef terbaik bila melakukan promosi di komunitas menjahit, bukan?

Karena itu, sesuaikan lokasi Anda melakukan penawaran pekerjaan dengan target yang ingin dicapai. Be specific. Kini dengan kemudahan teknologi, lebih mudah bagi Anda untuk bergerilya menyebar lowongan pada tempat-tempat yang potensial sesuai SDM yang diharapkan.

Baca Juga : Perusahaan Perlu Memiliki Akun pada Portal Kerja Online

3. Merekrut Individu Profesional

Kenyataannya, tidak sedikit perusahaan yang justru enggan dan takut untuk merekrut para pihak profesional. Terutama jika calon tersebut telah memiliki jam terbang yang cukup tinggi, perusahaan akan lebih cenderung kepada para fresh graduate. Beberapa alasan yang kerap digunakan adalah semangat generasi muda yang lebih tinggi dan kemudahan beradaptasi dengan tempat kerja.

Padahal jika ingin mendapatkan SDM terbaik, strategi merekrut karyawan yang perlu dilakukan justru sebaliknya. Mereka yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut tentu memiliki pengetahuan dan kemampuan yang mampu membuat perusahaan berlari lebih cepat. Meski cenderung idealis, orang-orang yang berpengalaman lebih memahami apa yang diinginkan perusahaan dan bagaimana untuk memenuhinya.

4. Membuat Company Branding yang Apik

Tidak selamanya setiap iklan lowongan pekerjaan disambut meriah oleh pembaca. Masyarakat kini pun menjadi kian selektif dalam memilih tempat kerja apa yang akan menjadi tujuan mereka.

Ciptakanlah company branding yang apik. Tidak hanya sekadar membuat iklan yang jelas, lengkap, dan menarik, Anda juga butuh untuk membuat branding perusahaan yang membuat orang ingin berlomba-lomba menjadi bagian dari perusahaan. Hal ini memang tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat, tetapi jika dipersiapkan sejak awal, Anda akan menikmati hasilnya dengan lebih mudah di masa mendatang.

5. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mendapatkan SDM terbaik adalah dengan menggunakan bantuan pihak ketiga. Kini tidak sedikit perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyaluran tenaga kerja dengan berbagai kebutuhan dan kompetensi.

Yayasan atau perusahaan dalam bidang ini biasanya sudah memiliki database calon karyawan yang beragam. Anda hanya perlu memberikan informasi detail mengenai calon yang dibutuhkan. Mereka akan membantu Anda menyaring kandidat potensial dengan keputusan akhir tetap di tangan Anda.

Tujuan utama diadakannya rekrutmen pada dasarnya tidak hanya sekadar mencukupi kuantitas SDM, tetapi juga mendapatkan sumber daya yang berkualitas. Maka dari itu, pastikan Anda menerapkan strategi rekrutmen karyawan yang tepat sasaran.

Dapatkan informasi lengkap seputar dunia kerja di Jobs Indonesia. Kini dengan kehadiran aplikasi mobile Jobs Indonesia di perangkat Android dan iOS, mencari lowongan kerja terbaru pun jadi lebih mudah dan cepat.

Lihat Artikel Terkait
Load More By JobsIndonesia
Load More In Tips dan Triks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lihat Juga

5 Hal Tentang Perusahaan Kerap Kali Menjadi Pertanyaan Saat Interview

Sebelum diterima menjadi karyawan di sebuah perusahaan, seorang pelamar kerja biasanya mel…