Home Dunia Kerja Memahami Perbedaan antara Karyawan Kontrak dan Karyawan Tetap Sebelum Melamar Kerja

Memahami Perbedaan antara Karyawan Kontrak dan Karyawan Tetap Sebelum Melamar Kerja

0
0
808
karyawan kontrak karyawan tetap
karyawan kontrak karyawan tetap

Di dunia kerja, ada dua jenis karyawan berdasarkan statusnya, yaitu karyawan tetap dan karyawan kontrak. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Nah, sangat penting untuk memahami perbedaan antara karyawan kontrak dan karyawan tetap sebelum mulai bekerja. Ketahui pula hak yang akan diterima dan kewajiban yang harus dilaksanakan, baik sebagai karyawan kontrak maupun karyawan tetap.

1. Mengenal PKWT dan PKWTT

Apa yang dimaksud dengan PKWT dan PKWTT? PKWT adalah perjanjian kerja untuk waktu tertentu, sedangkan PKWTT adalah perjanjian kerja untuk waktu tidak tertentu. PKWT merujuk pada karyawan kontrak, sedangkan PKWTT adalah karyawan tetap yang telah dipekerjakan oleh perusahaan tanpa batas waktu.

Berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, PKWT dapat diberlakukan untuk beberapa jenis pekerjaan, antara lain sekali selesai atau bersifat sementara, diperkirakan selesai dalam waktu kurang dari 3 tahun, bersifat musiman, atau berhubungan dengan produk baru yang masih dalam tahap percobaan. Namun, PKWTT tidak dapat diberlakukan pada pekerjaan yang bersifat tetap.

Perbedaan antara pekerja yang terikat PKWT dan PKWTT adalah pada jangka waktu bekerja. Pekerja PKWT memiliki masa kontrak paling lama 2 tahun dan dapat diperpanjang maksimal 1 kali dalam jangka waktu 1 tahun. Selanjutnya, apabila seluruh syarat-syarat itu terpenuhi, pekerja secara hukum terikat pada PKWTT atau menjadi karyawan tetap.

Perbedaan lainnya yang dialami oleh PKWT atau PKWTT adalah dalam hal percobaan kerja. Untuk karyawan yang terikat PKWT, tidak ada masa percobaan kerja yang harus dijalani. Sebaliknya, PKWTT dapat mensyaratkan percobaan kerja paling lama 3 bulan kepada karyawan yang baru direkrut. Jika tidak sesuai, perusahaan dapat melepaskan karyawan tersebut.

Baca Juga : Sukses Berpindah dari Masa Percobaan Menjadi Karyawan Tetap

2. Karyawan Outsourcing

Karyawan kontrak juga identik dengan tenaga outsourcing. Dalam Pasal 64 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, perusahaan dapat menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian tertulis.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mempekerjakan karyawan outsourcing, yaitu terpisah dari kegiatan usaha utama, dilakukan dengan perintah langsung atau tidak langsung pemberi pekerjaan, merupakan kegiatan penunjang, dan tidak menghambat proses produksi secara langsung.

Penyedia jasa pekerja ini harus berbentuk badan hukum dan wajib memberikan perlindungan upah dan kesejahteraan sesuai undang-undang kepada karyawannya. Apabila terjadi perselisihan atau masalah antara pekerja dengan perusahaan pengguna, penyedia jasa pekerjalah yang harus bertanggung jawab.

3. Perbedaan Signifikan

Baik pekerja yang terikat PKWT maupun tenaga outsourcing pada perusahaan lain, ada beberapa hak yang tidak didapatkan dari perusahaan pemberi kerja. Salah satunya dalam urusan pemutusan hubungan kerja. Karyawan tetap sebuah perusahaan berhak untuk mendapatkan pesangon jika mengalami pemutusan hubungan kerja dari perusahaan.

Sebaliknya, karyawan kontrak atau ousourcing tidak berhak atas hal tersebut. Karena itu, jika terjadi perampingan dalam sebuah perusahaan, karyawan kontrak sering kali menjadi sasaran pertama untuk dilepaskan. Hal ini kerap menjadi alasan kekhawatiran seorang pekerja kontrak.

Perbedaan lainnya adalah dalam fasilitas yang diberikan. Berdasarkan ketentuan di perusahaan terkait, ada fasilitas yang hanya ditujukan bagi pekerja tetap. Namun, dalam  hal lainnya, seperti perlindungan kerja dan upah, biasanya tidak terpengaruh oleh status tetap atau kontrak.

Nah, apakah Anda sudah memahami perbedaan antara karyawan kontrak dan karyawan tetap melalui ulasan ini? Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi bermanfaat lainnya seputar dunia kerja hanya di website Jobs Indonesia.

Lihat Artikel Terkait
Load More By JobsIndonesia
Load More In Dunia Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lihat Juga

Mengajak Karyawan Ambil Bagian dalam Rencana Bisnis Perusahaan

  Perusahaan yang berupaya untuk terus maju dan berkembang pasti memiliki rencana bis…