Home Dunia Kerja 5 Tata Cara dalam Merespon Panggilan Kerja Perusahaan

5 Tata Cara dalam Merespon Panggilan Kerja Perusahaan

0
1
10,301
merespon panggilan kerja
merespon panggilan kerja

 

Panggilan kerja lazimnya menjadi momen paling menggembirakan bagi para pencari pekerjaan. Mereka kerap mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi tahapan wawancara. Namun ternyata, tidak semua pelamar merasa senang saat mendapatkan kabar tersebut. Mungkin, bukan perusahaan itu yang diharapkan atau jabatannya tidak sesuai keinginan.

Lalu, bagaimana tata cara merespon panggilan kerja? Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan ketika ingin menerima atau menolak undangan dari perusahaan.

  1. Memberikan Konfirmasi secara Resmi

Saat seseorang melamar kerja, mungkin lebih dari lima perusahaan yang ditargetkan. Kadang-kadang, hanya iseng mengajukan diri di beberapa korporasi. Jika salah satunya menerima pengajuan tersebut, segera berikan konfirmasi. Hindari menunda terlalu lama karena bisa mencemarkan nama baik Anda.

Sebagai contoh, selang tiga hari sesudah mengirim lamaran kerja, tim HRD perusahaan menelepon. Saat itu, Anda meminta waktu tiga hari untuk menjawab tawaran pekerjaan. Jika tiba waktunya memberikan konfirmasi, lakukan dengan cara serupa; melalui telepon. Begitu pun ketika manajemen menawarkan job via Email; berikan balasan yang sama.

  1. Mengirimkan Ucapan Terima Kasih Lewat Email

Hal ini memang sepele, tetapi sering kali dilupakan oleh pelamar kerja. Mereka kerap mengabaikan surat elektronik yang dikirimkan karena tidak memiliki minat. Tindakan tersebut kurang tepat. Pasalnya, manajemen perusahaan akan tersinggung. Mungkin, mereka akan memasukkan nama Anda ke daftar hitam.

Itulah sebabnya, sampaikan ucapan terima kasih secara resmi melalui surat. Kemudian, kirimkan surat tersebut lewat Email. Meskipun akhirnya menolak panggilan kerja, setidaknya Anda bisa menghargai manajemen dengan tindakan ini.

  1. Meminta Alamat Perusahaan secara Lengkap

Biasanya, tim HRD akan memanggil pelamar kerja melalui telepon atau Email. Jika panggilan tersebut lewat telepon, Anda harus meminta alamat lengkap perusahaan. Setelah mendapatkan lokasinya, carilah informasi mengenai keberadaan korporasi tersebut. Pastikan alamat yang diberikan valid dan bisa dideteksi oleh Google Map.

Langkah selanjutnya, Anda harus mencari info seputar akses ke alamat perusahaan. Mulai dari rute, kendaraan umum, hingga kondisi di sekitarnya. Jika kurang mengenal daerah tersebut, mintalah bantuan teman yang tinggal di sana.

  1. Jika Ingin Menunda Wawancara, Segera Ajukan Jadwal

Umumnya, wawancara dilakukan minimal tiga hari sampai dengan seminggu setelah panggilan lewat telepon atau Email. Jika saat itu berhalangan, sebaiknya segera memberikan konfirmasi. Anda harus mengajukan jadwal pertemuan di hari lain. Lantas, bagaimana kalau perusahaan menolak pengajuan tersebut?

Solusinya, pilih salah satu dari kedua hal itu; wawancara atau mengutamakan urusan pribadi. Kalau memilih wawancara, pastikan sudah membatalkan rencana Anda. Sebaliknya, katakan dengan cara yang baik jika harus mendahulukan hal lain.

  1. Meski Belum Bisa Memenuhi Panggilan Kerja, Berikan Respon dengan Cepat

Merespon panggilan kerja memang terlihat mudah. Namun, bagi fresh graduate, hal itu membutuhkan waktu. Pasalnya, mereka kerap memikirkan cara terbaik untuk menjawab tawaran perusahaan. Jika pekerjaan tersebut diinginkan, mungkin hanya perlu satu sampai dua hari untuk mempertimbangkan.

Bagaimana kalau perusahaan tersebut tidak diharapkan? Anda harus bergegas memberikan respon. Jika memungkinkan, berikan konfirmasi di hari yang sama. Sampaikan melalui surat resmi atau dengan menghubungi nomor telepon perusahaan.

Itulah lima tata cara merespon panggilan kerja. Setiap perusahaan memiliki langkah berbeda dalam memanggil para calon karyawannya. Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar dunia kerja, Anda dapat membuka web Jobs Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai tips menghadapi wawancara, strategi memulai kerja, serta lowongan pekerjaan terbaru. Selain bisa diakses melalui PC, Jobs Indonesia juga punya aplikasi yang dapat dipasang pada smartphone.

Lihat Artikel Terkait
Load More By JobsIndonesia
Load More In Dunia Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lihat Juga

5 Hal Tentang Perusahaan Kerap Kali Menjadi Pertanyaan Saat Interview

Sebelum diterima menjadi karyawan di sebuah perusahaan, seorang pelamar kerja biasanya mel…