Home Tips dan Triks 5 Hal Tentang Perusahaan Kerap Kali Menjadi Pertanyaan Saat Interview

5 Hal Tentang Perusahaan Kerap Kali Menjadi Pertanyaan Saat Interview

0
0
239
interview
interview

Sebelum diterima menjadi karyawan di sebuah perusahaan, seorang pelamar kerja biasanya melewati tahap wawancara atau interview. Pada tahap ini, calon karyawan harus menjawab sejumlah pertanyaan untuk menjelaskan tentang dirinya. Salah satunya, mengenai kelebihan dan kelemahan diri sendiri.

Namun, bukan hanya itu, pelamar juga akan dimintai pendapat mengenai perusahaan yang dituju. Apa saja hal-hal tentang perusahaan kerap kali menjadi pertanyaan saat interview? Apa strategi untuk menjawabnya? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Apa yang Anda ketahui tentang kami?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling umum ditujukan kepada pelamar kerja saat interview. Secara tidak langsung, jawaban dari pertanyaan ini akan menunjukkan ketertarikan calon karyawan terhadap perusahaan maupun pekerjaan yang dilamar. Oleh karena itu, Anda harus mampu meyakinkan pewawancara.

Bagaimana caranya? Satu-satunya cara adalah menggali informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut sebelum memenuhi panggilan wawancara. Carilah data secara online mengenai misi perusahaan, produk yang dijual, atau budaya perusahaan. Lalu, beberkan riset tersebut dengan lengkap saat interview tanpa terkesan melebih-lebihkan.

  1. Bagaimana Anda menemukan lowongan pekerjaan ini?

Pertanyaaan ini biasanya muncul pada awal sesi wawancara. Salah satu alasan pewawancara menanyakannya adalah untuk mengetahui metode rekrutmen yang paling efektif dilakukan. Ini menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan supaya  bisa menentukan metode yang sebaiknya digunakan atau tidak.

Meskipun tampaknya sepele, jangan menjawab dengan asal-asalan. Jawaban Anda juga bisa menunjukkan kadar ketertarikan terhadap perusahaan yang dilamar. Langkah yang aman adalah menyampaikan jawaban yang jujur.

Jika Anda mendapatkan rekomendasi dari seorang karyawan yang juga bekerja di perusahaan tersebut, jangan lupa untuk menyampaikannya. Biasanya, pelamar hasil rekomendasi mendapat nilai lebih karena dianggap lebih berkompeten dan bisa bertahan lama.

  1. Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?

Pertanyaan selanjutnya yang akan Anda hadapi dalam sebuah interview adalah alasan memilih perusahaan tersebut sebagai tempat kerja. Pada umumnya, alasan yang mendorong seseorang untuk mencari pekerjaan adalah penghasilan memadai. Namun, tidak perlu terang-terangan mengatakan alasan ini.

Sebaliknya, cobalah untuk menggali informasi tentang kelebihan perusahaan yang dilamar. Lantas, sampaikan bagaimana Anda kelak akan “menikmati” tugas-tugas Anda dengan kelebihan itu.

Baca Juga : Pahami Budaya Perusahaan Sebelum Memutuskan untuk Melamar

  1. Bagaimana Anda melihat kompetitor kami?

Anda juga bisa jadi akan dihadapkan pada pertanyaan tentang kompetitor. Jawabannya akan menunjukkan seberapa banyak hal yang Anda ketahui dan bagaimana akan bekerja untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Cara paling mudah adalah melakukan riset online dan mencari tahu kelebihan perusahaan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Perlu diingat, Anda tidak perlu menjelek-jelekkan perusahaan lain demi alasan apa pun.

  1. Apa yang membuat Anda tertarik dengan industri ini?

Pertanyaan yang lebih umum adalah tentang alasan Anda terjun ke industri tersebut. Sebagai contoh, jika melamar untuk bekerja di sebuah restoran, Anda tentu harus menjelaskan alasan yang masuk akal. Lebih spesifik lagi, jelaskan pula mengapa ingin berkarier di bidang ini dan apa langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapainya.

Nah, demikian 5 hal tentang perusahaan kerap kali menjadi pertanyaan saat interview. Jika berhasil mengesankan pewawancara dengan jawaban-jawaban brilian dan diplomatis, bukan tidak mungkin posisi yang diincar itu akhirnya akan menjadi milik Anda.

Berbagai hal seputar dunia kerja dan wawancara kerja juga bisa ditemukan di website Jobs Indonesia. Selamat mengulik.

Lihat Artikel Terkait
Load More By JobsIndonesia
Load More In Tips dan Triks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lihat Juga

Strategi Rekrutmen untuk Mendapatkan SDM Terbaik

Bagi perusahaan, menggelar proses rekrutmen bukanlah perkara yang mudah. Untuk menemukan k…